Chess on Press

ID #1011

[KOMPAS] Karjakin: Termuda Sepanjang Sejarah?

 

Kompas, Minggu, 19 Mei 2002
 
 
 

Karjakin: Termuda Sepanjang Sejarah?

KOMUNITAS catur mulai sekarang harus sudah terbiasa mengeja nama ini: Sergei Karjakin. Dalam satu-dua tahun mendatang, nama ini akan sejajar dengan pionir catur dunia seperti Garry Kasparov, Vladimir Kramnik, Viswanathan Anand, Bobby Fischer, Anatoly Karpov, atau Ruslan Ponomariov. Siapakah Karjakin?

Sergei Karjakin adalah wunderkind, alias bocah ajaib, dari Ukraina, sebuah negara di daratan Eropa Timur yang dulu tergabung dalam Uni Soviet. Dari negara inilah lahir pecatur eksentrik Vasilly Ivanchuk (kini peringkat 8 dunia dengan Elo Rating 2717), dan juara dunia termuda sepanjang sejarah, Ruslan Ponomariov (2727) yang masih berusia 18 tahun. Yang membuat Karjakin harus diperhitungkan, bocah ini amat berpeluang memecahkan rekor dunia peraih Grand Master pada usia 12 tahun!

Gelar tertinggi bagi pecatur itu sudah diambang gerbang sebelum usianya mencapai 13 tahun pada 12 Januari 2003 mendatang, sebab dia tinggal meraih norma Grand Master ketiganya atau yang terakhir. Dua norma Grand Master sudah diraihnya. Pertama, saat Karjain ikut dalam turnamen Aeroflot di Moskow Januari 2002. Kedua, saat ia mengikuti turnamen Alushta-100 yang berkategori 8 (rata-rata Elo rating 2427). Situs catur chessbase yang berkedudukan di Jerman melaporkan, dalam turnamen yang digelar di Ukraina itu Karjakin berbagi tempat pertama dengan GM Evgenij Miroshnichenko dengan nilai 9,5 dari tiga belas babak yang dipertandingkan.

Karena Karjakin lahir pada 12 Januari 1990, memecahkan rekor peraih Grand Master termuda akan sangat mungkin dilakukannya, mengingat sisa waktu tahun 2002 masih enam bulan lagi. Meraih gelar Grand Master pada usia 12 tahun adalah prestasi tersendiri, sebab gelar itu sampai sekarang masih dipegang Bu Xiangzhi dari Cina yang meraih Grand Master pada usia 13 tahun 10 bulan 13 hari dua tahun lalu.

Umumnya para wunderkind telah mulai catur sejak masih sangat muda. Sebut saja Capablanca dari Kuba yang bermain catur pada usia empat tahun. Kala tampil dalam sebuah turnamen, bocah-bocah ini selalu menarik perhatian karena penampilannya yang tidak lebih dari anak-anak yang masih senang mainan. Karjakin, misalnya, membetot perhatian pers dan insan catur saat bermain dalam rangkaian Grand Prix catur FIDE di Dubai Januari lalu. Meski pada babak pertama dia dikalahkan 2-0 langsung oleh pecatur Bulgaria peringkat 7 dunia Vaselin Topalov (2739), namun Karjakin mampu merepotkan Topalov yang lebih pantas sebagai ayahnya.

Di belakang Karjakin, ada bocah lainnya yang lahir di atas tahun 1990-an. Sebut misalnya Murugan Thiruchelvam dan David Howell dari Inggris, juga Magnus Carlsen dari Norwegia yang ketiganya sama-sama berusia 11 tahun. Karjakin dengan Rating Elo 2489, bertengger di pucuk pimpinan pecatur kelompok usia 12 tahun.

Dalam permainan adu otak yang konon asal India ini memang telah terjadi "revolusi" yang luar biasa, yakni revolusi percepatan usia. Telah lahir bocah-bocah ingusan yang merajai papan catur. Dimulai oleh pecatur urakan Fischer yang pada tahun 1950-an menjadi Grand Master di bawah 16 tahun. Rekor Fischer bertahan selama 30 tahun sebelum ditumbangkan Judit Polgar, pecatur wanita asal Hongaria yang ogah bermain di kelompok pria, meski hanya terpaut dua bulan dengan usia Kasparov.

Usia kepala 14 kemudian muncul, antara lain Etienne Bacrot, Ruslan Ponomariov, Peter Leko dan Teimour Radjabov. Kemudian muncul lagi usia kepala 13 yang dipegang Bu Xiangzhi. Harus menjadi catatan, maestro catur seperti Kasparov, Kramnik, Alexei Shirov, Anand atau Karpov, tidak pernah masuk dalam daftar "percepatan" usia ini. Namun bagi Karjakin, dia tinggal selangkah lagi untuk menumbangkan rekor baru peraih Grand Master di usai 12 tahun! (Pepih Nugraha)

 

Tags: Pecatur Termuda

Related entries: -

Terakhir diperbaharui: 2009-06-06 14:00
Penulis: Admin UGPEDIA
Revision: 1.1

Digg it! Cetak materi ini Kirim ke teman Tunjukkan materi ini sebagai berkas PDF
Propose a translation for Propose a translation for
Beri nilai materi ini:

Nilai rata-rata: 4.5 dari 5 (2 Suara )

sangat tak berguna 1 2 3 4 5 sangat berguna

Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan komentar pada materi ini